Rabu, 09 April 2014

Mengenal Desain Logo


Logo


Sebenarnya sudah lama saya ingin mengepos tentang Desain logo , berhubung banyak sekali tugas baru sekarang bisa di kerjakan . Desain adalah dalam sebuah bahasa italy disebut juga designo / potongan gambar . sebuah karyanya mempunyai nilai jual yang cukup tinggi . Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya .


Sejarah Desain Logo


Desain Logo merupakan area yang penting dari desain grafis , dan salah satu yang paling sulit untuk menyempurnakan. Logo (ideogram), adalah gambar mewujudkan sebuah organisasi. Karena logo dimaksudkan untuk mewakili merek perusahaan atau identitas perusahaan dan mendorong pengakuan pelanggan langsung mereka, itu adalah kontraproduktif untuk sering mendesain ulang logo.

Warna dianggap penting untuk pengenalan merek, tetapi tidak harus menjadi komponen integral dari desain logo, yang dapat bertentangan dengan fungsinya.Beberapa warna terbentuk / terkait dengan emosi tertentu yang desainer ingin menyampaikan. Misalnya warna primer keras, seperti merah, dimaksudkan untuk menarik perhatian driver di jalan raya yang sesuai untuk perusahaan yang membutuhkan perhatian tersebut. Di Amerika Serikat merah, putih, dan biru sering digunakan dalam logo untuk perusahaan yang ingin memproyeksikan perasaan patriotik. Hijau sering dikaitkan dengan sektor kesehatan dan kebersihan, dan biru muda atau perak sering digunakan untuk mencerminkan makanan diet. Untuk merek lain, nada lebih tenang dan saturasi yang lebih rendah dapat berkomunikasi kehandalan, kualitas, relaksasi, atau ciri-ciri lainnya.

Profesi desain logo telah meningkat secara substansial dalam jumlah selama bertahun-tahun sejak munculnya gerakan modernis di Amerika Serikat pada tahun 1950-an. [11] Tiga desainer secara luas [12] dianggap sebagai pelopor gerakan itu dan logo dan desain identitas perusahaan : Yang pertama adalah Chermayeff & Geismar , [13] yang merupakan perusahaan bertanggung jawab atas sejumlah besar logo ikon, seperti Chase Bank (1964), Mobil Oil (1965), PBS (1984), NBC(1986), National Geographic (2003) dan lain-lain. Karena kesederhanaan dan keberanian rancangan mereka, banyak dari logo sebelumnya mereka masih digunakan sampai sekarang. Perusahaan itu baru-baru ini dirancang logo untuk Perpustakaan Kongres dan merek fashion Armani Exchange . Lain pelopor desain corporate identity adalah Paul Rand , [14] yang merupakan salah satu pencetus Gaya Swiss desain grafis. Ia dirancang banyak poster dan identitas perusahaan, termasuk logo untuk IBM , UPS , dan ABC . Pelopor ketiga desain corporate identity adalah Saul Bass . [15] Bass bertanggung jawab untuk logo dikenali beberapa di Amerika Utara, termasuk logo Bell Telephone (1969) dan penggantinya AT & T dunia (1983). Terkenal lainnya adalah desain Continental Airlines (1968), Dixie (1969), dan United Way (1972). Kemudian, ia akan menghasilkan logo untuk sejumlah perusahaan Jepang juga. Charmayeff, Rand dan Bass semua meninggal pada tahun 1996.

Logo proses desain

Merancang logo yang baik bukanlah tugas yang sederhana dan membutuhkan banyak keterlibatan dari tim pemasaran dan biro desain (jika outsourcing). Hal ini membutuhkan ide yang jelas tentang konsep dan nilai-nilai merek serta pemahaman konsumen atau kelompok sasaran sebagai panggilan pemasar. Langkah yang luas dalam proses desain logo akan merumuskan konsep, melakukan sketsa awal, menyelesaikan konsep logo, memutuskan warna tema dan format.

Berikut adalah berbagai macam logo yang sudah mendunia :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar